Portal PPID Provinsi Maluku | email: ppid@malukuprov.go.id | telp. (0911) 343424

18 October 2021| 6:02 am

Tugas dan Fungsi PPID

TUGAS DAN WEWENANG PPID UTAMA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama mempunyai tugas, sebagai berikut :

  1. Menyusun dan melaksanakan kebijakan informasi dan dokumentasi;
  2. Menyusun laporan pelaksanaan kebijakan dan dokumentasi;
  3. Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan  pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu;
  4. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi dan dokumentasi kepada publik;
  5. Melakukan verifikasi bahan Informasi dan Dokumentasi publik
  6. Melakukan uji konsekuensi atas informasi dan dokumentasi yang dikecualikan;
  7. Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi;
  8. Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat
  9. Melakukan pembinaan, pengawasan, evaluasi dan monitoring atas pelaksanaan kebijakan informasi dan dokumentasi yang dilakukan oleh pejabat pengelola Informasi dan dokumentasi Pembantu;
  10. Melaksanakan rapat koordinasi dan rapat kerja secara berkala dan/ atau sesuai dengan kebutuhan;
  11. Mengesahkan informasi dan dokumentasi yang layak di publikasikan;
  12. Menugaskan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu dan/ atau Pejabat fungsional untuk mengumpulkan, mengelola dan memelihara informasi dan dokumentasi;
  13. Melaporkan hasil tugasnya kepada Gubernur Maluku melalui Sekretaris Daerah.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama mempunyai kewenangan sebagai berikut :

  1. menolak memberikan informasi dan dokumentasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. meminta dan memperoleh informasi dan dokumentasi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu yang menjadi cakupan kerjanya;
  3. mengkoordinasi pemberian pelayanan informasi dan dokumentasi dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu yang menjadi cakupan kerjanya;
  4. menentukan atau menetapkan suatu informasi dan dokumentasi yang dapat diakses oleh publik;
  5. menugaskan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.

TUGAS DAN WEWENANG PPID PEMBANTU

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu mempunyai tugas :

  1. membantu Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama melaksanakan tanggung jawab, tugas dan kewenangan;
  2. menyampaikan informasi dan dokumentasi kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama dilakukan paling sedikit 6 (enam) bulan sekali atau sesuai kebutuhan;
  3. melaksanakan kebijakan teknis informasi dan dokumentasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
  4. menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan informasi dan dokumentasi bagi pemohon informasi secara cepat, tepat, berkualitas dengan mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan prima;
  5. mengumpulkan, mengolah dan mengkompilasi bahan dan data lingkup komponen di lingkungan Perangkat Daerah masing-masing menjadi bahan informasi publik;
  6. menyampaikan laporan pelaksanaan kebijakan teknis pelayanan informasi dan dokumentasi kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama secara berkala dan sesuai dengan kebutuhan.
Share on facebook
Share on google
Share on whatsapp

KONTAK

PPID Provinsi Maluku

  • Jl. Dr. Latumeten, Ambon, Maluku
  • Tlp: 0911-343434
  • Fax : 0911-343434
  • Email : ppid@malukuprov.go.id

PETA

Copyright 2021 - Diskominfo Pemerintah Provinsi Maluku

Copyright 2021 - Diskominfo Maluku
All Rights Reserved
Pemerintah Provinsi Maluku

You cannot copy content of this page

COMING SOON